3 Alasan Mengapa Saya Minat jadi Agen Asuransi di Prudential

20150627-agen-pruDulu saya bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha sukses agar mampu membuka lowongan kerja bagi banyak orang. Namun, tidaklah mudah untuk mewujudkan impian tersebut, salah satunya butuh modal yang cukup besar sehingga mau tidak mau saya harus memendam keinginan tersebut. Saya memulai karir dengan menjadi karyawati di salah satu perusahaan swasta di tanah air. Namun, waktu kerja yang sangat mencekat terkadang membuat saya tidak betah dalam bekerja. Apalagi karakter saya yang pada dasarnya tidak dapat dikekang sangat bertolak belakang dengan hal tersebut.

Mendengar keluhan saya yang demikian, sahabat saya sebut saja namanya A merekomendasikan untuk bergabung dengan perusahaan asuransi prudential. Katanya sih perusahaan tersebut telah berdiri ratusan tahun lamanya dan sudah banyak kandidat yang dibimbing hingga berhasil menjadi agen asuransi yang sukses. Rasa penasaran yang tidak boleh diabaikan menarik hati saya untuk membuka situs resmi dan mencari tahu informasi perusahaan tersebut.

Ternyata benar, perusahaan asuransi prudential dahulunya dirikan di London pada tahun 1848 dan telah mampu berkembang sampai sejauh ini hingga bisa didirikan diberbagai negara, salah satunya di Indonesia. Kendatipun gaji agen prudential dikatakan tidak pasti, akan tetapi keinginan saya untuk ikut bergabung tidak tergoyahkan. Berikut alasannya:

Komisinya besar

Biarpun seorang agen asuransi tidak mendapat gaji pokok, tapi komisi yang bakal didapat dari hasil kerja keras dalam menjual produk asuransi bisa melebihi jumlah gaji pokok seperti halnya bekerja di perusahaan pada umumnya yang berdasarkan UMR/UMP. Agen asuransi memang tidak dikenakan target penjualan, akan tetapi mempunyai API (Annual Premium Income) yaitu pendapatan premi per tahun. Contoh bagi agen asuransi total API yang diberikan perusahaan ialah sebesar 150 juta rupiah. Jika total API tersebut bisa dicapai dalam jangka waktu 1 tahun, tidak menutup kemungkinan komisi dan bonus yang didapat sebesar 42% (dari total API). Dengan kata lain, penghasilan yang diperoleh per bulannnya sekitar 5 juta rupiah.

Jenjang karirnya jelas

Profesi sebagai agen asuransi memang kerap kali dipandang sebelah mata oleh masyarakat luas karena pekerjaan tersebut tak ubahnya seperti marketing. Perlu Anda ketahui, perusahaan asuransi prudential menawarkan jenjang karir yang jelas, di mana setelah jabatan sebagai agen asuransi bisa naik kelas menjadi AUM (Associate Unit Manajer), setelah AUM menjadi UM, (Unit Manajer) kemudian SUM (Senior Unit Manajer), dan yang terakhir AM (Agency Manajer) lalu pensiun. Bila telah berhasil memenuhi syarat sebagai agen asuransi dengan API sebesar 150 juta rupiah, maka agen bakal dipromosikan menjadi AUM. Begitu juga seterusnya, setelah AUM bisa menjadi UM dengan syarat telah mencapai API sebesar 300 juta rupiah (Rp 180 juta pribadi dan 120 juta dari 4 agen yang direktut). Ingat, semakin tinggi jabatan yang diperoleh maka akan semakin tinggi pula komisi dan bonus yang didapat. Lihat Fan Page kami di sini.

Bebas dari tekanan

Bagi saya, kenyamanan dalam bekerja menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan perfoma atau efektivitas kerja. Itulah yang saya temukan ketika bergabung di perusahaan prudential. Saya merasa nyaman karena tidak dituntut oleh target. Bayangkan bila bekerja di perusahaan pada umumnya, target sering kali ditetapkan sekian persen supaya tidak dikeluarkan dari perusahaan. Tentu, bila target tidak tercapai maka akan merasa terus “dihantui”.

Namun, kenyamanan tersebut tidak boleh membuat saya leha karena banyak pesaing yang ingin mencapai kesuksesan. Tentu saja, saya memberi target kepada diri saya sendiri agar bisa jualan setiap harinya dan bisa memenuhi API seperti yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Itulah berbagai alasan mengapa saya minat bergabung di perusahaan prudential. Selain selaras dengan karakter saya, perusahaan tersebut juga memberikan peluang untuk menjadi orang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *